Gerai Mikro Tanggap Covid BAZNAS Fasilitasi Pemasaran Produk Lewat Layanan Antar Jemput

Oleh: Pembiayaan Mikro 16/06/2020

Pandemi Covid -19 yang berkepanjangan berimbas pada aktivitas pelaku usaha mikro, terutama dalam melakukan pemasaran produk. Hal ini dikarenakan adanya pembatasan aktivitas yang bersifat kerumunan untuk mencegah penyebaran Covid – 19.

Untuk memfasilitasi akses pasar mitra pelaku usaha mikro, Gerai mikro BAZNAS Microfinance Desa Bojong Rangkas memfasilitasi layanan jemput produk Mitra ditengah Pandemi. Hal ini dilakukan untuk mencegah peneyebaran Covid – 19 dengan mengurangi aktivitas mitra yang bersifat kerumunan.

Mintarsih produsen brownis kering, salah satu mitra BMD yang ditemui Tim BMD saat penjemputan produk (15/6/2020) mengaku tetap semangat dalam menjalankan usahanya ditengah pandemi.

”Selain membantu mitra mengenai pemasaran melalui gerai mikro, kendala yang dihadapi bisa dibantu oleh BMD salah satunya jemput produk saat akses kendaraan sulit ditambah membatasi bertemu dengan banyak orang di masa pandemi,”ungkap Mintarsih.

Ibnu Hafidz menjelaskan gagasan ini bermula dari melihat kondisi mitra yang umumnya tidak memiliki APD lengkap seperti Tim BMD, kemudian muncul inisiatif untuk melakukan penjemputan bagi mitra yang terkendala untuk mendistribusikan produknya.

“Awalnya BMD broadcast melalui pesan Whatsapp ke setiap mitra yang usahanya di bidang produksi selanjutnya apabila ada mitra yang terkendala akses kendaraan menuju gerai, BMD memfasilitasi jemput produk. Namun bagi mitra yang tidak mengalami kesulitan bisa ke gerai langsung ,”ujar Ibnu.

Gerai Mikro Tanggap Covid – 19 didirikan untuk meningkatkan usaha mitra ditengah pandemi. Selain sebagai sarana untuk membantu pemasaran produk mitra gerai mikro juga didirikan sebagai sara edukasi pencegahan penyebaran Covid – 19 kepada masyarakat.


#GeraiMikro
#BaznasMicrofinance
#LekasPulihIndonesia
#SemestaKebajikanZakat