Giat BAZNAS dan Aparat Desa Edukasi Cegah Covid di Kampung Tanggap Bencana Corona

Oleh: Community Development 26/06/2020

Wabah virus corona yang telah ditetapkan sebagai bencana nasional di Indonesia membuat harus ada upaya gotong royong, sinergi sumber daya dan strategi dari semua komponen masyarakat untuk berjuang bersama dalam melawan virus corona. Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) melalui Lembaga Zakat Community Development (ZCD) dalam program Kampung Tanggap Bencana Corona (KTBC) ikut turut dalam mengambil langkah strategis untuk menghadapi pandemi.

ZCD BAZNAS bersinergi dengan Kepala Desa melakukan serangkaian kegiatan KTBC yang dilakukan di Dusun Paret Dodong, Desa Secanggang, Kecamatan Secanggang, Kabupaten Langkat, Provinsi Sumatera Utara, Selasa (23/06/2020). Turut hadir juga dalam kegiatan ini, perwakilan dari DINKES (Dinas Kesehatan) Kecamatan Secanggang, Kepala Dusun Paret Dondong dan sejumlah anggota mustahik binaan ZCD.



Kegiatan dimulai dengan pembukaan oleh Kepala Desa Secanggang, dilanjutkan dengan penyuluhan kesehatan kepada kelompok mustahik binaan pengolahan terasi. Penyuluhan yang disampaikan tentang pencegahan wabah Covid-19 untuk diri sendiri, keluarga dan keberlangsungan dalam memproduksi terasi agar terbebas dari virus corona.

Selain penyuluhan, juga dilakukan pembagian 50 pcs masker kain dan 60 gelas minuman jamu untuk masyarakat sekitar untuk menunjang aktivitas mereka sehari-hari. Untuk memudahkan sosialisi Covid-19 kepada masyarakat luas juga dilakukan pemasangan poster sebanyak 20 lembar yang dipasang di beberapa tempat strategis Desa Secanggang.

ZCD BAZNAS berharap dengan adanya kegiatan ini, mustahik dan masyarakat bisa teredukasi dan mengetahui informasi terkait virus corona. Selain itu mustahik dan masyarakat pun diajarkan tata cara pencegahan Covid-19 sejak dini dan diharapakan mereka bisa mengimplementasikannya dalam kehidupan sehari-hari.