Cegah Penularan Covid, BAZNAS Bekali Pelatihan Perilaku Hidup Bersih untuk Mustahik di Kalbar

Oleh: Community Development 11/09/2020

PHBS atau Perilaku Hidup Bersih dan Sehat merupakan upaya untuk memberikan edukasi tentang pola sikap hidup sehat melalui individu, kelompok, ataupun masyarakat luas. Selama pelatihan masyarakat di bekali berbagai materi seperti meningkatkan sikap dan perilaku sehat serta cara hidup yang bersih dan sehat.

Adanya penyebaran virus Covid-19 di Indonesia dengan angka kematian yang kerap meningkat setiap harinya membuat BAZNAS melalui Lembaga Zakat Community Development (ZCD) terus mengupayakan sosialisasi PHBS kepada mustahik binaannya yang tersebar diseluruh wilayah Indonesia, salah satunya di Dusun Sinar Timur, Desa Penjalaan, Kecamatan Simpang Hilir, Kabupaten Kayong Utara, Provinsi Kalimantan Barat.

Pada Kamis (10/09/2020), Sahabat ZCD BAZNAS melakukan sosialisasi PHBS, kegiatan ini dimulai pukul 08.30 WIB dengan dihadiri sejumlah 25 orang yang diantaranya dari perwakilan anggota PKK, Kader Kesehatan Posyandu, Kader Kesehatan BAZNAS Kabupaten Kayong Utara, serta Aparatur Desa. Pada sosialisasi PHBS ini materi disampaikan oleh perwakilan dari Puskesmas Teluk Melano. Peserta yang menghadiri sosialisasi ini pun diwajibkan untuk berjaga jarak, dan menggunakan masker demi mencegah penyebaran virus Covid- 19.

Namun, terdapat kendala dalam kegiatan ini yaitu jumlah peserta yang tidak sesuai dengan undangan, dimana jumlah undangan yang tersebar sebanyak 35 peserta, namun peserta yang hadir berjumlah 25 orang. Kendala ini disebabkan karena jalan menuju lokasi kegiatan yang hancur dan tergenang air setelah diguyur hujan. Pada kegiatan sosialisasi PHBS ini mendapatkan dukungan dana dari BAZNAS Pusat sejumlah Rp750.000, serta BAZNAS Kabupaten Kayong Utara sejumlah Rp1.070.000.

Dengan diadakan sosialisasi PHBS ini diharapkan warga Dusun Sinar Timur dapat menerapkannya di kehidupan sehari-hari, terutaman dalam anggota keluarga dengan pola hidup bersih dan pola makan yang mencukupi gizi keluarga, sehingga dapat menciptakan hidup sehat dan mampu meminimalisir masalah kesehatan khususnya semakin meningginya tingkat penyebaran virus Covid-19 di seluruh wilayah Indonesia.