Focus Group Discussion Penelitian Survei Persepsi Publik terhadap Strategi Penghimpunan BAZNAS di Masa Pandemi Covid-19

Oleh: Kajian Strategis 22/02/2021

BAZNAS selama masa COVID-19 terus berkontribusi dalam memberikan bantuan kepada masyarakat dengan berbagai program. Untuk memastikan BAZNAS dapat menyalurkan pertolongan kepada yang membutuhkan saat pandemi ini, BAZNAS perlu memaksimalkan realisasi pengumpulan zakat dari potensinya yang mencapai Rp233 triliun.

Oleh sebab itu, BAZNAS diharapkan dapat melakukan evaluasi dalam fungsi penghimpunannya. Persepsi muzaki, sebagai stakeholder utama dalam bidang penghimpunan, dapat menjadi instrumen utama dalam mengukur tingkat keberhasilan penghimpunan. Hasil evaluasi dapat digunakan untuk memastikan inovasi yang dilakukan saat pandemi ini berhasil mendapatkan perhatian dari muzaki potensial.

Dengan alasan tersebut, Pusat Kajian Strategis (PUSKAS BAZNAS) membuat kajian  Persepsi Publik Terhadap Strategi Penghimpunan BAZNAS di Masa Pandemi Covid-19. Salah satu tahapan penelitian adalah Focus Group Discussion (FGD) yang dilakukan bersama dengan Kepala Divisi Layanan Muzaki, Bapak Rulli Kurniawan pada hari Rabu, 10 Februari 2021. FGD membahas perumusan survei persepsi publik menjadi lebih tajam lagi dengan menggali pin point di setiap dimensi. Adapun kajian akan dilakukan terhadap muzaki lalu diolah melalui metode Importance Performance Analysis (IPA) yang digunakan untuk mendalami kepuasan muzaki dilihat dari tingkat kinerja/pelaksanaan (Performance) dan tingkat kepentingan (Importance).

 

Rep: Puskas BAZNAS