Bersyukur Hasil Kurban, Peternak BAZNAS Berbagi dengan Masyarakat Terdampak Covid-19

Oleh: Pemberdayaan Peternak 27/08/2021

Sebagai ungkapan syukur atas hasil keuntungan penjualan kurban pada tahun 2021 yang didapatkan, peternak mustahik di Balai Ternak BAZNAS Lampung Tengah berbagi santunan kepada 11 orang keluarga yang terdampak Covid-19 di sekitar Kecamatan Seputih Raman, Jumat (27/8).

Pendamping program Balai Ternak BAZNAS Lampung Tengah, Indra, menyampaikan pada momen kurban 1442 H ini Balai Ternak BAZNAS Lampung Tengah melakukan penjualan 177 ekor domba kambing untuk menyuplai kegiatan Kurban Online BAZNAS.

“Program berbagi ini memang menjadi kegiatan rutin yang dilakukan oleh Balai Ternak BAZNAS Lampung Tengah. Dari setiap hasil penjualan ternak, peternak mustahik menyisihkan keuntungannya sebagai infak yang nantinya akan disalurkan kepada masyarakat ekonominya terdampak Covid-19,” ujar Indra

Indra juga menambahkan bahwa program berbagi ini juga merupakan salah satu dampak program pada aspek mental spiritual. Di mana peternak yang awalnya sebagai mustahik yang diberdayakan oleh melalui dana zakat dari muzaki, hingga bisa bertransformasi menjadi muzaki di kemudian hari.

 

Peternak mustahik BAZNAS di Lampung Tengah juga menyampaikan rasa syukurnya di tengah pandemi ini masih bisa menjual ternak untuk menambah pendapatan keluarga. Selain itu juga bisa meringankan keluarga yang lain yang membutuhkan.

Balai Ternak BAZNAS Lampung Tengah merupakan titik pemberdayaan peternak mustahik yang memiliki 49 orang peternak mustahik yang diberdayakan di 4 kelompok. Program usaha peternakan yang dijalankan tidak hanya memberikan dampak kemandirian secara ekonomi kepada peternak mustahik melalui penjualan ternak dan produk peternakan. Tapi juga menumbuhkan rasa berbagi di kelompok peternak.


#GerakanCintaZakat