BAZNAS Dukung Vaksinasi Covid-19 di Desa Sumurgung Tuban

Oleh: Community Development 30/09/2021

Sahabat Zakat Community Development (ZCD) BAZNAS turut membantu proses vaksinasi yang diadakan Pemerintah Desa Sumurgung bersama Dinas Kesehatan dan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (GERMAS) Kabupaten Tuban di balai desa setempat, Sabtu (25/9). Antusiasme para peserta vaksin itu terlihat ketika mereka datang sangat pagi ketika belum ada petugas, padahal vaksinasi baru digelar pada pukul 08.00 WIB.

“Kami sengaja mengumumkan vaksin ini dua hari sebelum pelaksanaan, karena informasi ini langsung dari Bidan Puskesmas Sumurgung. Penyampaiannya lewat pengumuman resmi yang ditaruh di balai desa, juga melalui media sosial, sebab biasanya media sosial yang sering diakses. Tujuannya agar warga bisa lebih cepat dalam urusan ini," ucap Kesra Sumurgung.

Empat mustahik binaan ZCD turut mengikuti vaksinasi ini. Tahapan vaksin yang dilalui oleh para mustahik binaan berbeda-beda. Warsimah, Siti Amaroh, dan Yunita Rahmawati melanjutkan vaksin tahap dua, sementara Remben, mengikuti tahap satu. Namun saat pelaksanaan, dari tiga mustahik yang melanjutkan ke tahap dua hanya satu orang yang disetujui petugas. Dua di antaranya tidak dapat diproses sebab belum waktunya mendapatkan vaksin kedua.

Peserta yang mengikuti vaksinasi sebanyak 150 orang dengan 90 orang yang melakukan vaksin tahap satu, dan 60 orang yang melakukan vaksin tahap dua. Hampir seluruh warga Sumurgung telah mengikuti proses pelaksanaan vaksin.

"Perkiraan kami warga Sumurgung yang sudah mengikuti vaksin sudah 50-60% dari total warga kategori 12 tahun ke atas. Harapan kami semoga pemerintah desa dan warga tetap semangat dan antusias untuk menyukseskan program vaksinasi negeri dengan seoptimal mungkin," kata Kesra Sumurgung.

#BAZNASRI
#InovasiBerkaryaUntukUmat
#LembagaUtamaMenyejahterakanUmmat
#GerakanCintaZakat
#ZakatCommunityDevelopment